ali.maskur388@gmail.com

Senin, 12 Oktober 2015

Permasalahan-permasalahan yang muncul pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Berbagai Aspek



Permasalahan-permasalahan yang Ditemukan dalam Pembelajaran Matematika
Permasalahan yang dihadapi oleh:
1.    Guru

  • Kompetensi yang dimiliki guru bersifat terbatas.
  • Kurang/ sulitnya mengikuti pelatihan guru dalam menggunakan metode, strategi, pendekatan, media dan lain sebagainya secara tepat.
  • Kuota siswa dalam 1 kelas yang mayoritas melebihi batas kondusif kelas belajar.
  • Memilih metode yang tepat dalam mengajar.
  • Bukan tuntutan dari nurani dalam mengajar, melainkan mengutamakan materi.
  • Tidak dapat menggunakan alat peraga matematika dengan baik dan menarik.
  • Penguasaan kelas
  • ü Adanya festival yang diselenggarakan di sekolah sehingga guru sulit mengkondisikan pembelajaran saat atau setelah festival tersebut.
  • Lupa dalam melaksanakan refleksi kegiatan pembelajaran
  • Porsi jam pelajaran yang kurang sehingga kurang maksimal
  • Ekonomi mempengaruhi konsentrasi guru
  • RPP dianggap merepotkan, tidak sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran
  • Kurikulum yang diberlakukan pemerintah (bahan ajar, pembelajaran, penilaian kurikulum, dsb)
  • Adanya sertifikasi apakah meningkatkan kinerja guru?
  • Karakteristik siswa yang variatif

2.    Siswa
  • Matematika sebagai pelajaran yang menakutkan (momok siswa).
  • Mindset siswa masih banyak didapati adalah guru matematika yang cenderung galak.
  • Matematika pelajaran yang membosankan (kaku karena selalu melibatkan angka-angka).
  • Bingung saat dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari.
  • Masih adanya jam pelajaran matematika setelah olahraga.
  • Jam pelajaran siang yang kurang bergairah bagi siswa
  • Fasilitas yang dimiliki siswa
  • Perjuangan kurang, rasa malas, kurang tertarik, dan tidak sesuai dengan cita-cita
  • Kemampuan siswa yang variatif, yang kurang dalam segi kemampuan merasa minder (diri sendiri, orang tua, lingkungan)
  • Pembelajaran guru dianggap monoton
  • Kondisi tubuh mempengaruhi konsentrasi siswa
  • Pemahaman buku yang kurang, materi yang terlalu abstrak
 3.    Kepala Sekolah
  • Sulitnya mengevaluasi tenaga kerja (khususnya guru matematika) dalam meningkatkan prestasi siswa terkhusus bidang matematika.
  • Mengatur  jam pelajaran matematika yang kondusif
  • Sulit menciptakan aplikasi dari mata pelajaran khususnya matematika dalam ruang lingkup sekolah dengan pelayanan-pelayanan yang disediakan.
  • Kurangnya kemampuan bersosialisasi (sekolah yayasan)
  • Pengetahuan IT
  • Rekruitmen kepala sekolah (di beberapa daerah)
  • Kurangnya pelatihan
  • Pengelolaan dana kurang optimal
4.    Dinas Pendidikan
  • Peningkatan kompetensi guru
  • Peningkatan infrastruktur sekolah/ pendidikan
  • Melakukan monitoring dan pengawasan sekolah
  • Dana pemerintah tidak 100% diterima, daya serap 100% tetapi tidak sesuai dengan pelaksanaan
  • Pelayanan administrasi yang kurang memadai, misal kenaikan pangkat
  • Pengawas sekolah/ guru kurang rutin
5.    Orang Tua
  • Kompetensi yang dimiliki Orangtua khususnya dalam matematika (riwayat pendidikan Ortu).
  • Kurang pengalamannya orang tua dalam memberikan pelayanan yang baik bagi anak, seperti mengarahkan bimbel dsb.
  • Biaya pendidikan
  • Tuntutan terhadap anak
  • Keteladanan terhadap anak
  • Komunikasi terhadap anak, karena sibuk karier dsb
  • Orang tua kurang peka terhadap kebutuhan anak
6.    Lingkungan
  • Kurangnya sarana dan prasarana
  • Suasana akademis
7.    Matematis
  • Konteks soal tidak sesuai dengan yang dihadapi siswa
  • Materi pra syarat yang harus dimiliki untuk menopang suatu materi tertentu
  • Sifat kontinuitas matematika
  • Materi yang padat, jadi terkesan menuntut hafalan
  • Matematika simbolik, tidak kontekstual (manfaat materi tersebut belum diketahui)
  • Tingkat kesulitan soal (tingkat kesulitan soal yang tidak sama pada masing-masing sekolah, daerah, dsb)
8.    Pembelajaran
  • Apersepsi
  • Pembelajaran belum didukung media
  • Pembelajaran belum didukung perangkat (RPP, buku ajar, dsb)

0 komentar:

Posting Komentar